Friday, March 1, 2024

Apa Cuma Bayiku yang Menangis Kejer Setiap Malam, Padahal Sudah Kenyang?

Hi readers, jadi new mom tuh ternyata rasanya nano-nano ya. Yang jelas happy banget ada semangat baru dalam hidup, ngantuk karena waktu istirahat berkurang (aku urus baby sendiri), dan gampang parno hahaha. Nah, aku mau sharing pengalamanku sama baby Chloe yang sekarang berusia 4.5 bulan. Tiap malam menjelang tidur, dia sering nangis sampe jerit-jerit gitu. Dengernya sedih, bingung, panik juga takut kenapa-kenapa. Padahal sudah kenyang nyusu juga. Setelah aku tanya dsa, ternyata Chloe kemungkinan kolik.



Kolik pada bayi adalah keadaan dimana bayi terlihat rewel, menangis berkepanjangan dan sulit dikendalikan tanpa sebab yang jelas. Kondisi ini lebih sering terjadi saat sore dan malam hari, sehingga mengakibatkan kesulitan tidur dan istirahat untuk orangtua dan bayi. Kolik ini merupakan gangguan interaksi otak dengan saluran cerna (Gut-Brain Axis). 


Ada penelitian yang menyebutkan bahwa 1 dari 4 bayi baru lahir berisiko terkena kolik. Sebagai seorang new mom wajar kalau Moms langsung panik, karena gejala kolik yang paling mudah dikenali adalah tangisannya yang sangat kencang dan tanpa henti. Bayi kolik harus diterapi, karena jika tidak diterapi akan berdampak pada jangka panjangnya. Misalnya berisiko lebih tinggi terkena ADHD atau sulit berkonsentrasi, nyeri pada perut, dermatitis atopik, alergi, rhinitis, maupun asma. Hal ini yang disebut gut brain axis tadi.



Ketidakseimbangan mikrobiota saluran cerna menjadi salah satu penyebabnya, dimana bayi penderita kolik memiliki jumlah probiotik Lactobacillus atau bakteri baik yang lebih rendah dan bakteri jahat yang lebih tinggi dibandingkan bayi sehat. Kolik juga bisa terjadi karena adanya masalah pada gerakan usus bayi, akibatnya perut akan terasa kembung karena adanya gas dan juga sembelit. Makanya biasanya bayi yang menderita kolik disertai juga dengan wajah yang memerah dan kedua kakinya diangkat ke perut karena kesakitan.


Tapii, bakteri tidak selalu jahat dan berdampak buruk pada tubuh. Ada juga bakteri baik yang dapat memberikan manfaat bagi tubuh, untuk meningkatkan sistem imun, melawan zat beracun, dan membantu proses pencernaan. Bakteri baik ini memiliki peranan penting yang dibutuhkan untuk segala usia mulai dari bayi, anak, dewasa, lansia bahkan ibu hamil. Di Indonesia, bakteri baik atau yang juga dikenal sebagai probiotik masuk kedalam kategori suplemen kesehatan.


Pas aku bilang ke dsa kalau Chloe punya ciri-ciri menangis di malam hari (kencang & lama, kadang sambil menjerit), padahal sudah dalam kondisi kenyang, dan kadang terdengar suara gerakan perut, dsa ku memperkirakan baby Chloe sedang kolik. Makanya direkomendasikan untuk mengonsumsi Interlac drops 5 tetes per hari.


Setelah rutin diminum selama beberapa hari, koliknya mulai teratasi. Wajar sih, soalnya memang sudah ada uji klinis Interlac efektif mengurangi kolik 74% setelah 1 minggu dikonsumsi. Bahkan hasilnya sudah nampak dari mulai 1 hari pemakaian, dan tingkat keberhasilan penurunan

durasi menangis bayi yang diterapi dengan Interlac itu 95%


Apa Itu Interlac?


INTERLAC® adalah suplemen probiotik hasil kerjasama PT. Interbat dengan BioGaia yang dikenal sebagai World Leader in Probiotics, salah satu perusahaan probiotik terbesar di Dunia. Produk probiotik Interlac menggunakan strain-strain Lactobacillus reuteri yang dipatenkan dan sudah teruji klinis, serta telah memenuhi semua syarat probiotik dari WHO. Sampai Desember 2022, strain Lactobacillus reuteri yang digunakan INTERLAC® sudah didukung 258 uji klinis pada lebih dari 21.000 partisipan, dan merupakan strain probiotik berpaten dengan uji klinis terbanyak di dunia. Lactobacillus reuteri di INTERLAC® sudah teruji klinis untuk bayi baru lahir, balita, anak-anak, dewasa dan bahkan pada ibu hamil dan bayi prematur. Jadi, INTERLAC® adalah solusi yang efektif, aman dan teruji klinis untuk kita & keluarga. Apalagi varian produk INTERLAC® paling lengkap, tersedia dalam varian drops, sachet, tablet kunyah dan tablet hisap.


INTERLAC® dengan kandungan Lactobacillus reuteri DSM 17938 adalah satu-satunya solusi yang teruji klinis dan direkomendasi oleh lembaga internasional sebagai terapi dan pencegahan kolik dengan efikasi dan keamanan yang terbukti. Interlac dapat meningkatkan jumlah bakteri baik dan mengurangi bakteri jahat/patogen di saluran cerna, juga dalam pup si kecil terjadi pengurangan jumlah bakteri E.Coli yang membahayakan. Selain itu, Interlac juga dapat mengurangi gas dan meningkatkan pola gerakan usus. Maka pemberian asupan probiotik sejak dini menjadi langkah penting dalam memelihara kesehatan bayi.




Selain mengonsumsi interlac drops, berikut adalah hal pendukung yang juga aku lakukan:


  • Memperbaiki posisi pelekatan saat menyusu DBF (direct breastfeeding)

  • Menggunakan dot anti kolik (jika menggunakan ASI perah)

  • Saat menggunakan dot pastikan minim udara (ujung nipple dot terisi penuh susu & jangan sampai kosong/tersedot udara oleh Chloe)

  • Disendawakan setelah menyusu (sampai bersuara keluar gas atau setidaknya 30 menit)

  • Menggunakan wedge pillow

  • Melakukan pijat anti kolik


Semoga pengalamanku ini bermanfaat juga buat Moms yang sedang mengalami hal serupa, dan semoga baby kita nggak kolik lagi yaa! 


Buat Moms yang mau membeli Interlac dapat memperolehnya di baby shop, apotek, maupun modern outlet (guardian, watsons, boots, supermarket, dll) serta online di Interbat Official Shop e-commerce kesayangan. Jangan lupa disimpan di kulkas ya Moms!


Menurut WHO, manfaat probiotik sama sekali berbeda antara satu jenis, atau bahasa ilmiahnya strain, dengan strain lainnya. Maka itu, manfaat dari 1 strain probiotik tidak boleh disamaratakan dengan strain probiotik lainnya. Misalnya sama-sama lactobacillus, yang 1 lactobacillus acidophilus dan 1 lagi lactobacillus reuteri. Walaupun sama-sama lactobacillus, tapi kedua probiotik ini punya manfaat, dosis dan keamanan yang sama sekali berbeda. Bisa dibilang kalau ibaratnya obat, ya memang sama-sama obat, tapi keduanya merupakan obat yang sama sekali berbeda.

No comments:

Post a Comment