Wednesday, November 6, 2019

Cobain IPL Treatment Hilangin Bulu Kaki untuk Pertama Kalinya

Hi gengs, semoga hari kamu menyenangkan yaa! Kalo kurang menyenangkan, semoga dengan baca blog ini jadi terhibur dan jadi senang hehe. Karna hati yang senang adalah obat! Kunci kulit sehat, wajah segar, siap dilirik semua mata HEHE. 

By the way, kali ini aku mau ceritain pengalaman nyobain treatment pertama kalinya. Sebenernya udah sejak lama aku pengen coba, cuma selalu maju mundur. Banyak kegalauan sih, salah satunya takut sakit dan masih bingung setelah treatment jadi gimana. Akhirnya memberanikan diri karena memang suka kurang pede kalau pakai baju pendek karna kakinya berbulu. Seringkali kita kurang percaya diri ketika ada bagian tertentu yang berbulu, terutama area yang banyak terlihat seperti tangan, kaki, dan apalagi ketiak. Kalau dicukur takut hitam dan kasar, kalau di wax takut sakit. Akhirnya coba-coba cari referensi tempat perawatan yang sesuai. 

Pas scroll-scroll instagram, ternyata temenku Rima ngelakuin treatment di Erha. Langsung deh aku stalk ke ignya Erha (jiwa stalk cewe melebihi badan intelijen wkwk) ternyata di Erha ada treatment hilangin bulu! Kaget dong, karna sebelumnya aku suka ke Erha PIM buat treatment hair grow (soalnya rambut aku rontok parah) dan konsultasi wajah hihi. Browsing di websitenya sambil cari kelebihan treatment ini dibanding cara lain, akhirnya memberanikan diri untuk mencoba ERHAIR Removeasy Hair Removal by IPL. Maunya di PIM biar deket dari rumah dan pulangnya bisa jalan-jalan ;p

Buat temen-temen yang belum tahu Erha, aku ceritain sedikit ya. Erha merupakan sebuah one stop beauty centre dimana terdapat klinik kecantikan dimana kita bisa konsultasi dengan spesialis kulit, berbagai treatment kecantikan, dan apotek yang memenuhi kebutuhan kulit dan rambut dan menyediakan haircare dan skincare product. Bermula dari dr. Ronny Handoko, SpKK(K) yang membuka klinik pertama di kemanggisan, sekarang Erha sudah berada di banyak lokasi yang terjangkau.

Waktu aku datang ke Erha Apothecary PIM 2, mbak petugasnya baik banget! Aku yang lagi celingak celinguk langsung disamperin dan ditanya kebutuhannya. Kemudian diminta isi form, dan menunggu sebentar untuk disiapkan ruangan sambil ketemu dokternya. Jangan salah fokus, tapi beneran dokternya ganteng banget! Sampe degdegan pas diajak ngomong, nih aku kasih bonus fotonya biar kalian ikut deg-degan juga ahaha. 

[Dr Benny Hadypramono Djoyo Koesoemo]

Anyway, akhirnya aku ganti baju dan mulai dijelaskan oleh petugas terkait treatment ini, kita akan ngapain aja dan efeknya akan seperti apa. Kalau kamu pertama kali IPL atau melakukan treatment lainnya, aku saranin untuk banyak diskusi seperti ini. Karna baik pre treatment, treatment, hingga post treatment semuanya penting dan perlu diperhatikan. 

Teknologi Intense Pulse Light (IPL) menggunakan sinar dan seperangkat komputer untuk mengatur kekuatan penyinarannya. Treatment ini memakai sinar pada gelombang di 400-1200, yang mengubah energi cahaya menjadi energi panas. Nah, energi panas ini yang akan menghancurkan pigmen dalam kulit, mengurangi produksi minyak di kulit, mematikan kulit, sampai merangsang pertumbuhan kolagen pada kulit. Hal yang meyakinkan aku untuk coba treatment ini adalah gaakan merusak lapisan epidermis. Karna jujur paling takut asal coba treatment, kulit itu aset. Kalau lapisannya rusak, ga mudah untuk recoverynya. Makanya aku pemilih banget soal kulit.

Kita mulai ke treatment ya. Pertama, susternya bersihin dan cukur kulit aku. Dia nunjukin kalau shavernya BARU dan masih disegel seperti fotoku ini. COOL! 

Aku sangat mengapresiasi ke-higienis-an alat, karena itu akan pengaruh ke hasil akhir nanti. Setelah dicukur sampai bersih (aku treatment area depan belakang), kemudian digambar area yang akan ditreatment. Ini digambarin sama dokternya ya. 

Setelah digambar, dokter Benny sambil di-assist sama suster mulai apply gel ke area yang akan disinarin. gelnya ini mirip sama gel kalo USG, jadi dingin-dingin enak gitu. Sambil dimulai sinarin dengan alat, dokter sambil liat reaksi aku juga kalau-kalau kesakitan atau terlalu panas. Dokternya juga bilang kalau ada rasa perih bilang aja, supaya kekuatan cahayanya bisa dikurangi dan lebih nyaman. 

Tapi diawal dokternya memang bilang, karna di kaki jaringan epitel kulit lebih tipis, jadi akan lebih sakit dan lebih panas daripada treatment di underarm. Apalagi bulu di kaki aku terhitung cukup lebat, jadi sabar-sabar aja. 

Dari situ aku udah siap-siap nahan rasa sakit. Ternyata, hampir ga kerasa sama sekali! Cuma ada rasa hangat sedikit, dan dicubit sedikit. Ada sedikit bau terbakar bulunya juga, mungkin karna bulu aku emang lumayan banyak dan agak panjang. Yaampun, kalau tahu treatmentnya senyaman ini, dari dulu aku coba ahaha. Kalau kamu suka ga percaya diri karna berbulu di area tertentu, wajib banget coba treatment ini deh. 

Setelah selesai, suster membantu membersihkan kaki aku yang tadi ditreatment, dan aku dikasih sunblock untuk melindungi kulit. Menurut Dr. Benny, treatment ini bisa dilakukan sebulan sekali. Selama 3 hari setelah treatment juga nggak boleh kena sunburn/matahari, jadi kalau kemana-mana harus pakai sunblock. Untungnya udah lumayan terbiasa pakai sunblock, jadi aman! Hehe. 

Anyway, ini hasil kaki aku seminggu setelah treatment. Memang di beberapa bagian bulunya sudah tumbuh lagi, tapi di beberapa area malah masih belum tumbuh. Bulu yang tumbuh juga nggak kasar, jadi nyaman aja. Setelah sebulan aku akan treatment lagi, kira-kira sampai 4-6 kali karna begitu yang disarankan dokternya. 

Ternyata Erha juga punya treatment truwhite ultimate radiance, yang bikin aku kepo. Efek kepo sama mbaknya, kebanyakan nanya ada treatment apa selain ini, jadi ngiler sendiri :""
Katanya treatment ini memadukan teknologi diamond peel microdermabrasion dan IPL. Jadi sel kulit mati kita diangkat, kemudian dirangsang pertumbuhan kolagen. Waduhhhh, geng kulit kusam pasti ngiler deh! Brb nabung buat treatment berikutnya hihi. 

Treatment: Legs IPL (999.000)
Area lain: underarm (399.000), arms (699.000)
Erha Truwhite Ultimate Radiance (1.100.000)
Nggak hanya mengatasi bulu di tempat yang tidak diinginkan, kalau kamu punya masalah rambut rontok aku juga saranin kesini. Aku pernah coba red light therapy sambil pake serumnya, wadidaww hasilnya sedap! Efektif, tapi memang harus ikutin anjurannya, biar maksimal hasilnya hehe.

Ohya yang mau info lebih banyak bisa ke Erhaofficial website https://www.erha.co.id atau sosial medianya di @erha.dermatology sekalian bisa tanya-tanya. 

Thanks for coming by, sampai jumpa di blogpost lain! :)

2 comments:

  1. Wow, perawatan di Erha makin lengkap yah. From head to toe!

    ReplyDelete
  2. pisau cukurnya beda warna sama aku(?) *pentinng bat ini*
    di bekasi warna biru wkwkkwkw


    aku suka bgt hasil setelah ipl, numbuhnya jd halus gitu enggak sih?

    ReplyDelete